Dryhit? Hindari dengan cara ini agar vape kamu awet

Jakarta, 05 Juni 2023

Dryhit Hindari dengan ini? Halo Kawan MOVI, Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian sehat selalu, dilancarkan rejekinya dan diberikan kemudahan dalam segala aktivitasnya yaa!!

Seperti yang sudah ditulis di judul, topik utama yang akan dibahas pada artikel ini adalah dry hit. Dry hit, atau rasa kering-seperti-gosong tentu seringkali menghantui pengalaman vaping kalian, baik kalian seorang vapers pemula atau vapers berpengalaman, dry hit jelas mempengaruhi semua orang. Mungkin sekarang belum ada pengalaman sebanyak apa pun yang dapat mencegahnya, dan juga tidak ada teknologi di luar sana untuk mencegah dry hit.

Satu hal yang kita semua bisa sepakati adalah bahwa dry hit memang menyakitkan, rasanya sangat tidak enak dan yang terburuk hal itu terjadi begitu saja sehingga terasa mengejutkan. Kalian mungkin tidak pernah tahu kapan kalian akan merasakan dry hit, oleh karena itu dry hit menjadi salah satu hal yang mengganggu di benak kalian setiap kali kalian vaping.

Tetapi perlu dicatat, hal ini bukan berarti kalian baru saja menerima dry hit sebagai konsekuensi dari vaping. Jadi, melalui artikel pada kesempatan kali ini, kita akan membagikan beberapa cara untuk meminimalkan rasa dry hit yang sangat tidak menyenangkan.

Apa itu Dry Hit?

Seperti namanya dan yang sudah dijelaskan sebelumnya diatas, dry hit adalah suatu rasa kering nan gosong yang berasal dari terbakarnya kapas oleh coil. Dry hit terjadi saat kalian puffing vape saat tidak ada cukup liquid di kapas kalian. Akibatnya, alih-alih ingin merasakan enaknya liquid favorit kalian, kalian justru mendapatkan kapas yang terbakar bukan rasa yang tertulis di botol liquid.

Ada beberapa alasan mengapa ini bisa terjadi. Coil vape yang rusak, aliran udara yang buruk, dan masalah pada cara wicking. Tetapi, apapun alasannya, satu hal yang sudah jelas; kalian ingin menendang dry hit ke jurang, hehe.

Cara Menghindari Dry Hit.

Sekali lagi, dry hit hanyalah salah satu hal yang harus dihadapi para vaper dari waktu ke waktu. Tetapi banyak dari situasi ini terjadi karena kesalahan pengguna atau masalah teknis, tentu saja keduanya dapat diatasi dengan mengikuti beberapa cara dibawah ini.

Priming

Jika kalian tidak terbiasa dengan priming, kalian sama saja melewatkan langkah yang sangat penting. Saat kalian berurusan dengan coil yang dapat diganti, hisapan pertama tentu terasa smooth. Jika kalian melakukan chain vape terlalu cepat dan liquid tidak cukup, kalian akan terkena dry hit dan mungkin bagian terburuknya, hal itu dapat merusak coil serta kapas yang baru dipasang. Jadi, jangan biarkan ini terjadi.

Sebelum memasang coil baru, berikan beberapa tetes liquid pada kapas. Biarkan meresap, lalu ulangi setidaknya sekali lagi. Jangan berlebihan, karena kalian mungkin akan membanjiri atomizer dan akan menimbulkan masalah baru.

Jika kalian menggunakan vape dengan RTA atau pod dengan cartridgenya, isi tangki dan diamkan dalam posisi tegak selama 10 menit. Kebanyakan instruksi mungkin akan mengatakan empat sampai lima menit sudah cukup, tapi itu minimal. Bagi kalian mungkin terdengar sedikit rumit, tetapi setidaknya sisihkan waktu sebentar agar aktivitas vapingmu tidak terganggu nantinya.

Break In

Ini adalah teknik yang berlaku untuk mod yang lebih maju dengan kontrol watt. Jika kalian kebetulan memiliki vape dengan fitur itu, ini adalah peluang bagus untuk mengurangi dry hit.

Melakukan break in di coil kalian seperti layaknya melakukan pemanasan sebelum berolahraga. Ini tentu akan memudahkan kalian ke dalam proses selanjutnya, sehingga dapat mengurangi dampak buruk dikedepannya. Prinsip ini juga berlaku pada coil.

Untuk melakukan break in di coil kalian, pastikan pada saat priming, liquid sudah meresap dengan baik, lalu lakukan beberapa tarikan dengan watt yang disetel sedikit di bawah ambang batas minimum, kemudian secara bertahap tingkatkan watt setiap beberapa menit. Ini akan mempersiapkan coil kalian untuk sesi yang akan datang.

Jika pada pod, kalian juga bisa melakukan break in dengan menghirup cartridge yang sudah di priming dan terisi liquid tanpa harus di firing. Guna dari penyedotan ini adalah untuk menarik cairan ke dalam kapas, alias memberikannya sedikit bantuan agar meresap sempurna.

Beralih ke Coil yang Berbeda

Ada banyak perusahaan vape yang hebat dan bereputasi baik di luar sana. Tetapi itu bukan berarti bahwa mereka terkadang tidak membuat coil yang buruk.

Back to blog